Tuesday, October 8, 2019

Begini Sejarah Stasiun Manggarai yang Mau Gantikan Gambir

Menteri Perhubungan (Menhub) sudah mengutarakan jika Stasiun Manggarai diperkirakan jadi pusat stasiun (central station), bukan sekedar untuk KRL Jabodetabek dan juga untuk kereta api jarak jauh. Hal itu diutarakan oleh Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta pada Sabtu (5/10/2019).



Diluar itu, gagasan Stasiun Manggarai jadi pusat nanti akan dikerjakan pembangunan menambahkan jalan rel kereta api terutamanya ka lapangan terbang yang sampai kini masih satu jalan dengan KRL Commuter Jabodetabek.

Sebelum ditargetkan jadi pusat stasiun, ini riwayat singkat Stasiun Manggarai.

Baca Juga : Doa Islami

Sebelumnya, semenjak 1913 perusahaan kereta api negara Staatsspoor en Tramwegen (SS) kuasai semua jaringan rel kereta api di Batavia serta Meester Cornelis. SS membenahi lagi jalan kereta api di dua kotapraja itu. Diantaranya ialah pembongkaran Stasiun Boekitdoeri serta mulai membuat stasiun baru di daerah Manggarai.

Stasiun Manggarai mulai dibuat pada 1914 serta diresmikan pada 1 Mei 1918. Pembangunannya di pimpin oleh arsitek Belanda bernama Ir. J. Van Gendt. Waktu itu Stasiun Manggarai mempunyai satu bengkel besar paling komplet yang dipunyai SS untuk merehabilitasi serta membuat lagi kereta, gerbong serta lokomotif uap.

Sewaktu jaman kolonial Belanda, area Stasiun Manggarai mencakup batas Sungai Ciliwung di samping timur sampai ke samping barat yang saat ini jadi Jl. Swadaya. Sedang batas selatan selama jalan Van Goens (Manggarai Selatan 1) serta Boekit Doeri West (Bukit Duri Barat) sampai pagar stasiun di utara yang saat ini jadi Jl. Dr. Saharjo.

Baca Juga : Belajar Agama Islam

Tidak lama sesudah Proklamasi, pada September 1945, Stasiun Manggarai diambilalih oleh beberapa puluh ribu pengunjuk rasa massa pemuda serta buruh kereta api sesudah lakukan tindakan long march dari Stasiun Jakarta Kota. Diluar itu, pada 3 Januari 1946, di area stasiun ini juga semua persiapan rahasia dikerjakan untuk perjalanan Kereta Luar Biasa (KLB) perpindahan Presiden serta Wakil Presiden RI ke arah Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment