Thursday, February 8, 2018

Kapal Merak-Bakauheni Gunakan Bahan Bakar Ganda

Dalam rencana memperluas pemakaian gas bumi dengan Nasional, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dengan PT ASDP Indonesia Ferry lakukan kesepakatan hubungan kerja joint study pengoperasian kapal baru memiliki bahan bakar ganda (dual-fuel) di trek Merak (Banten) -Bakauheni (Lampung).

Direktur Paling utama PGN Jobi Triananda Hasjim menyebutkan, lewat perjanjian ini PGN serta ASDP bisa lakukan kajian dengan pengoperasian kapal baru dual fuel di Merak-Bakauheni. Dengan kerja sama ini kapal baru itu juga akan melintas di Merak-Bakauheni memakai dua bahan bakar dengan komposisi 70% Liquefied Alami Gas (LNG) serta 30% solar.

" Kami suka dengan kerja sama yang selalu berkepanjangan pada PGN dengan ASDP. Selain itu, kami selalu berusaha tingkatkan pemakaian gas bumi dari beragam bidang, termasuk juga salah satunya transportasi laut, kata Jobi selesai melihat penandatanganan hubungan kerja PGN-ASDP itu, " katanya di Kantor PGN Pusat, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Tidar

Pendatangan kesepakatan kerajasama ini dikerjakan oleh Direktur Kiat Usaha serta Pengembangan PGN Gigih Prakoso serta Direktur Tehnik serta Operasional ASDP La Mane, dan disaksikan Direktur Paling utama PGN Jobi Triananda Hasjim serta Direktur Paling utama ASDP Faik Fahmi.

Disamping itu, Direktur Paling utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi memberikan, kalau pihaknya merespons positif perjanjian pada ASDP dengan PGN berkaitan kajian dengan pengoperasian kapal baru dual-fuel di Merak-Bakauheni itu.

Hal semacam ini pasti searah dengan Ketentuan Presiden RI Nomor 5 Th. 2006 Mengenai Kebijakan Daya Nasional serta ketentuan internasional berkaitan penyusunan bahan bakar gas untuk kapal, salah satunya International Maritime Organization (IMO), IGF Code, MARPOL Annex VI, International Organization for Standarization (ISO) serta ISO 28460 : 2010 Installation and Equipment for LNG Ship to Shore Interface and Port Operations.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Awu

“Dengan kerja sama ini, diinginkan pemakaian bahan bakar dari kapal baru yang juga akan melintas di Merak-Bakauheni kelak semakin lebih efektif serta pastinya ramah lingkungan karna karena memakai dua bahan, " tandasnya.

No comments:

Post a Comment