Thursday, February 8, 2018

Sail Sabang 2017 Jadi Event Kapal Sail Terbesar

Satu diantara moment wisata bahari yang paling dinanti di th. ini, Sail Sabang 2017 resmi di luncurkan. Peluncuran dikerjakan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan Gubernur Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (9/11) malam.

Lebih dari 100 kapal yacht dari beragam negara ditambah dengan kapal-kapal yang lain, termasuk juga KRI Bima Suci, juga akan ikuti Toll Ship Parade pada acara puncak di tanggal 2 Desember di Teluk Sabang, Pelabuhan CT-3. Acara puncak sendiri juga akan di hadiri Presiden Joko Widodo.

Bukan sekedar itu, acara akan disemarakkan dengan menghadirkan tarian kolosal Laksamana Malahayati, yang disebut Laksamana Wanita asal Aceh, dibarengi Kapal Pemuda Nusantara, kapal penelitian Baruna Jaya IV serta Baruna Jaya VIII, serta parade kapal nelayan tradisionil.

Keseluruhan juga akan ada 24 acara yang di gelar sepanjang penyelenggaraan Sail Sabang 2017 pada 28 November sampai 5 Desember 2017. Dari mulai Jambore Iptek, Free Diving Competition, Sabang Underwater Contest, Sales Mission Cruise Operator, Lomba Memancing, Lomba Video serta photo dan yang lain.

Dengan jejeran serta paket acara yang besar serta " wah” itu, Sail Sabang 2017 dikatakan sebagai Sail Indonesia yang paling besar.

" Bisa kami yakinkan kalau Sail Sabang yaitu moment wisata paling besar di Indonesia th. ini, " tutur Gubernur NAD, Irwandi Yusuf.

Irwandi menyebutkan, penyelenggaran Sail Sabang 2017 mengangkat topik " Trail of Sea Civilization ". Ini sekalian jadi moment tahunan Sail Indonesia dalam rencana tingkatkan pariwisata bahari dengan jadikan Sabang sebagi tujuan wisata bahari kelas dunia.

" Dengan terlaksananya moment ini diinginkan Sabang bisa tampak jadi satu diantara tujuan wisata favorite di Indonesia sisi barat. Hingga pariwisata Sabang bisa berperan wujudkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, " katanya.

Lebih jauh Irwandi menerangkan, Sail Sabang 2017 bukan sekedar untuk mempromosikan wisata Aceh, namun sebagai wahana untuk mendorong percepatan pembangunan di Aceh.

" Dan juga wujudkan penambahan kesejahteraan orang-orang, terutama orang-orang Sabang, " katanya. Wali Kota Sabang Nazaruddin menerangkan, untuk mensukseskan Sail Sabang 2017 sudah disiapkan sarana akomodasi untuk kunjungan sekitaran 5. 000 tamu undangan salah satunya disiapkan penginapan apung kapal Pelni serta kapal yacht dan homestay sejumlah 19 buah dengan kemampuan 96 kamar.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal Egon

Disamping itu untuk fasilitas transportasi udara disiapkan penerbangan ke bandara Sabang, serta transportasi laut diantaranya dengan menaikkan kapal penyeberangan berbentuk tiga kapal cepat sejumlah 3 trip/hari dengan jumlah 2. 400 penumpang dan kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mensupport penuh supaya proses Sail Sabang 2017 bisa jalan baik serta tingkatkan promosi pariwisata Indonesia, terutama Sabang serta Aceh.

Menpar menyebutkan, Sabang sudah diputuskan jadi satu diantara tujuan favorit untuk wisata bahari karna potensi alam serta tempatnya yang strategis hingga tiap-tiap th. disinggahi beberapa puluh kapal pesiar (cruise) ataupun kapal yacht dari mancanegara.

“Di kelompok wisatawan pengagum marine tourism, Sabang di kenal jadi tujuan favourit karna beberapa traveller dapat lakukan beragam kesibukan diantaranya ; diving, snorkeling, fishing, sun-beaching, serta aktivitas wisata bahari yang lain dengan spot-spot yang menarik, ” kata Arief Yahya.

Ia menerangkan, th. lantas kapal pesiar (cruise) yang berkunjung di Sabang sejumlah 10 cruise dengan membawa 6. 137 wisman (per November 2016) dan 37 yacht membawa 82 wisman (per Juni 2016) dengan keseluruhan kunjungan wisman (yacht, cruise, serta diving) per November 2016 menjangkau 9, 763 wisman.

Baca Juga :  Harga Tiket Kapal Labobar

“Event Sail Sabang 2017 juga akan jadi momentum untuk mempromosikan serta tingkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, serta diving) ke Sabang, ” kata Arief Yahya.

Karenanya Menpar mengharapkan, sesuai sama Presiden Joko Widodo kalau Sail Sabang 2017 bisa memberi efek yang bisa hasilkan untuk orang-orang. Jangan pernah Sail Sabang cuma usai di penyelenggaraan.

" Poinnya Sail ini mesti dapat berikan nilai ekonomi yang mensejahterakan orang-orang. Sail janganlah hilang sesudah acara. Kemenpar serta Kemenko Maritim pastinya akan mensupport, " katanya.

Karenanya Menpar mengutamakan atas dua hal perlu untuk perkembangan pariwisata di Sabang. Yaitu ease of entry dan ease of business. Berarti Sabang mesti dapat memberi keringanan untuk wisatawan untuk datang. Dari mulai atraksi, amenitas serta aksesibilitas.

No comments:

Post a Comment