Thursday, September 20, 2018

Dukung Stabilisasi Rupiah, Pengusaha di Jatim Kompak Lepas Dolar

Beberapa entrepreneur di Jawa Timur (Jawa timur) mengadakan tindakan support pada usaha stabilisasi rupiah. Mereka menukarkan simpanan uang sekitar US$ 50 juta, yang ditukar dengan rupiah. Tindakan entrepreneur yang tergabung dalam Komunitas Komunikasi Asosiasi Entrepreneur Jawa Timur (Forkas) itu dikemas dalam pekerjaan "Menyatu Memperkuat Rupiah" di Hotel Majapahit, Surabaya, Kamis (20/9) malam, serta di hadiri juga oleh Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko.

Moeldoko mengatakan, pihaknya terasa bangga dengan tindakan beberapa entrepreneur menjadi usaha kongkret untuk tunjukkan patriotik yang sejati pada bangsa. Pemerintah telah lakukan semaksimal mungkin untuk pembangunan ini supaya investasi dapat masuk dengan cepat di Indonesia.

Baca Juga : KM Tilongkabila dan Jadwal KM Tilongkabila

"Kita tidak butuh bicara beberapa macam yang terpenting saat ini laganya. Saya hormat pada beberapa entrepreneur ini. Pemerintah mengapresiasinya. Saya mengharap usaha entrepreneur Jawa timur ini akan memberikan inspirasi yang yang lain, karena begitu positif, dan dapat menggerakkan nilai dolar supaya bisa konstan kembali, atau dapat turunkan lagi lewat pergerakan ini," kata Moeldoko.

Meoldoeko menyampaikan, pihaknya minta pada semua penduduk supaya tidak mencari argumen kenaikan dolar yang dikarenakan aspek luar. "Karena, Indonesia ialah sisi dari dunia global yang tidak dapat dilepaskan dari dampak negara lainnya termasuk juga dampak perang dagang. Semua tentu dipengaruhi," pungkasnya.

Baca Juga : Jadwal Kapal KM Tilongkabila dengan KM Ciremai

Selanjutnya, Moeldoko menyampaikan, pihaknya juga minta entrepreneur supaya tidak butuh takut dengan keadaan saat ini serta bersama-sama pesan ticket ke luar negeri, ditambah lagi menyambut berlangsungnya pesta demokrasi. Sebab pemerintah tentu jamin pesta demokrasi berjalan aman. Pemerintah juga menunjukkan dengan mengadakan 171 pilkada serentak yang berjalan baik, dan tidak ada keadaan berdarah-darah.

"Pemerintah siap jamin serta mengurus desas-desus strategis dan memberi jalan keluar pada investor lakukan investasi," tuturnya. Sesaat Ketua Forkas Jawa timur, Nur Cahyudi, menyampaikan, tindakan ini ialah bentuk prinsip beberapa entrepreneur supaya rupiah dapat kembali konstan.

Baca Juga : Jadwal KM Ciremai dengan Jadwal Kapal KM Ciremai

"Mereka juga terserang efek dari kenaikan nilai ganti, terpenting entrepreneur yang tergantung pada bahan baku import. Kita tidak ingin semuanya jadi berlarut-larut. Karena itu kita bergandengan tangan untuk terlepas dolar," kata Nur Cahyudi.

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Lokasi Jawa timur, Difi Ahmad Johansyah, menyampaikan, langkah positif entrepreneur untuk kembalikan nilai ganti rupiah dimisalkan seperti langkah Bulog menggelontor beras ke pasar saat harga beras mahal. "Saat dolar mahal, kita mesti gelontor itu ke pasar," tuturnya.

Difi memberikan, BI memang mempunyai pekerjaan untuk mengatur volume dolar serta rupiah di market serta sampai kini ketergantungan Indonesia pada mata uang dolar benar-benar sangat tinggi. Walau sebenarnya neraca perdagangan Indonesia-Amerika tidak lebih 14 % dalam setahun.

Karenanya, sekarang ini, Indonesia berusaha untuk mencari pilihan mata uang untuk perdagangan antar negara. "Di Asean kita telah mulai mengulas itu. Dengan Malaysia kita coba gunakan ringgit, begitupun dengan Thailand memakai baht," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment