Friday, August 17, 2018

Uji Coba Kereta Bandara-Bekasi Sasar Penumpang Arus Balik

PT Railink sebagai joint venture PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengarah penumpang arus balik Lebaran 2018 dalam agenda eksperimen perdana Kereta Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Kota Bekasi, Selasa (19/6). "Perkiraan awal kami pada eksperimen perdana ini tidak sangat besar seputar 100-150 penumpang dari keseluruhan kemampuan penumpang 272 penumpang di enam serangkaian kereta," kata Humas Railink Diah Suryandari di Bekasi.

Menurutnya, pemberangkatan perdana kereta Bandara-Bekasi pergi dari Stasiun Kota Bekasi di Jalan Ir H Djuanda Bekasi Timur jam 10.05 WIB.

Baca Juga : KA Menoreh dan Harga Tiket KA Menoreh

Pihaknya mencatat pada pemberangkatan awal itu, jumlahnya penumpang yang lakukan transaksi pembelian ticket Railink di Stasiun Kota Bekasi sampai 18 penumpang.

Saat proses eksperimen ini pihaknya memberi potongan harga spesial pada penumpang sebesar Rp 36.000 untuk perjalanan Bekasi-Bini City (Sudirman Baru), Bekasi Batuceper Rp 70.000 serta Bekasi-Bandara Soekarno-Hatta Rp 75.000 per penumpang.

Baca Juga : Jadwal KA Menoreh dan KA Mutiara Selatan

"Tarif wajarnya Bekasi-Soetta Rp 100.000 per penumpang. Promo harga ticket ini laku situasional," tuturnya. Disebutkan Diah, agenda eksperimen ini molor dari tujuan awal mulanya yang direncanakan berjalan pada April 2018 karena beberapa masalah tehnis.

Masalah tehnis yang disebut berbentuk pengaturan lintas operator dibawah PT KAI yang cukuplah menghabiskan waktu. Trayek kereta Bekasi-Bandara Soetta ini digagas pihaknya dalam rencana perpanjang service untuk mempermudah masyarakat Bekasi menuju Bandara Soetta.

"Kita memang menyengaja akan memutus eksperimen operasional hari ini untuk manfaatkan arus balik," tuturnya. Salah satunya penumpang kereta Bekasi-Soetta, Iskandar (51), mengakui ingin mempermudah waktu perjalanan balik mudik dari Bandung menuju Lombok.

Baca Juga : Harga Tiket KA Mutiara Selatan dan Jadwal KA Mutiara Selatan

"Kebetulan dari Bandung tujuannya ingin anak bus di Bekasi menuju Bandara, tetapi rupanya telah ada kereta yang terkoneksi ke bandara dengan harga promo," tuturnya. Menurutnya, perjalanan dengan memakai kereta tambah lebih cepat dibanding memakai bus atau angkutan umum yang lain mengingat hari ini masih tetap berjalan perkiraan puncak balik Lebaran.

No comments:

Post a Comment